Kontes Robot Indonesia

Kontes Robot Indonesia (KRI) Merupakan merupakan ajang perlombaan robot yang diadakan oleh Kemenristekdikti. Kontes Robot Indonesia(KRI)  terdiri dari beberapa divisi perlombaan. Tim Robotika UNY sendiri mempunyai 5 tim yaitu :

KRAI  (Kontes Robot ABU Indonesia)

Tim KRAI memiliki nama khusus yaitu MAESTRO_EVO. Tim ini mengikuti Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang mengusung tema dari Asia Pasific Broadcasting Union Robo Contest (ABU Robocon). Proses pembuatan Robocon terhitung paling lama diantara robot-robot yang lain, dikarenakan tema Robocon selalu berubah-ubah setiap tahun.

KRSBI Humanoid (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid)

Tim KRSBI Humanoid UNY bernama AL-‘AADIYAAT, tim ini mengikuti Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) yang mengusung tema dari RoboCup. Robosoccer tergolong Robot Humanoid,  karena  memiliki  bagian-bagian  seperti  tubuh  manusia. Robosoccer UNY pernah mendapatkan Juara 3 KRSBI tingkat Nasional pada tahun 2011.

KRSBI Beroda (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda) 

Eksebisi Robot Sepak Bola Beroda Indonesia (ERSBI) baru pertama kali diadakan pada Kontes Robot Indonesia 2016. Tim KRSBI Beroda UNY belum mempunyai nama, akan tetapi, untuk sementara Tim ini bergabung dengan Tim KRPAI Beroda dengan nama MOBO-EVO. ERSBI juga mengusung tema dari RoboCup.

KRPAI  (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) 

Tim KRPAI Berkaki UNY bernama GARENG PUNK, tim ini mengikuti Kontes Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI Berkaki) yang mengusung tema dari Trinity College Fire Fighting Robot Contest yang setiap tahun diadakan di Amerika Serikat.

KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia)

Tim KRSTI UNY bernama ROSEMERY, tim ini mengikuti Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Tema dari KRSTI ini setiap tahunnya berubah-ubah, pada tahun 2016 KRSTI mengusung tema Robot Penari Topeng Betawi, dan pada tahun 2017 lalu, KRSTI mengusung tema Robot Penari Gending Sriwijaya.