agnimon robot seni  uny

Tiga tim robot UNY berhasil merebut juara dalam Kontes Robot Nasional Regional III di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada 3—4/5/2013. Salah satunya adalah Tim Agnimon dari tim Robot Universitas Negeri Yogyakarta yang berhasil merebut juara I dalam Kontes Robot Nasional 2013 Regional III DIY Jateng.

Robot dengan penampilan tokoh wayang Hanoman ini menjuarai cabang Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) yang pada cabang robot dituntut untuk bisa menari diiringi musik tradisional dan harus bisa mencapai finish. Agnimon inilah satu di antara sekian banyak peserta yang berhasil mencapai titik finish. Robot yang dipersenjatai 21 unit servo ini sanggup meliukkan tangannya dalam posisi rentang, menyiku, posisi memberi hormat serta dengan posisi badan seperti tengah jongkok. Masih dalam posisi jongkok, Agnimon bergerak maju dengan cara menghentakan kakinya cukup cepat seperti ketika seseorang latihan lari ditempat secara cepat.

Menurut mereka, kuncinya ada pada bagaimana caranya menciptakan keseimbangan robot. “Itu gerakan Hanoman terbang membelah awan,” imbuh Rian salah satu anggota tim Agnimon.

“Cabang KRSI merupakan kontes robot yang memadukan antara budaya Indonesia dan teknologi. Untuk persiapan kami pada robot Agnimon sudah sejak satu tahun yang lalu, kalau untuk buatnya sekitar 6 bulan,” ungkapnya.

Kontes Robot Nasional ini memang merupakan agenda tahunan dari Dirjen Dikti Kemendikbud yang diawali dengan perlombaan di tingkat regional. Kontes Robot Nasional terdiri dari empat cabang lomba yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

UNY sendiri mengirimkan masing-masing satu tim, yang sebelumnya sudah diseleksi di tingkat universitas yang pada tahun ini diselenggarakan oleh UKM Rekayasa Teknologi.  Bersaing melawan 71 tim dari 23 universitas, tim UNY berhasil merebut 3 juara, yaitu juara I KRSI, juara II  pada cabang KRPAI Beroda, dan juara Strategi Terbaik pada cabang KRI. Dengan hal itu maka tiga tim harus melaju lagi ke tingkat nasional di UDINUS Semarang bersaing dengan jawara dari tingkat regional lain.

“Setelah lolos di tahap ini kita akan menyiapkan untuk tahap nasional tanggal 13—16 Juni 2013, semoga kita bisa mempersembahkan kemenangan untuk UNY,” tangkas Rian. Andri, Kepala Divisi Robotika UKM Restek berharap Robotika UNY bisa berprestasi di kancah nasional bahkan internasional. Kemudian dengan perkembangan robotika UNY bukan sekedar kemenangan yang bisa kita kuasai tapi juga tentang seberapa banyak teknologi yang bisa kita kuasai dan bisa bermanfaat untuk kita semua. (meg/haryo)

One thought to “TIM ROBOT UNY DOMINASI KONTES ROBOT NASIONAL REGIONAL III”

  • faza

    Artikel tentang ‘Robot’ yang anda tulis sangat menarik dan bagus.
    Kita juga punya artikel mengenai ‘Robot’, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://robotika.blog.gunadarma.ac.id//
    terima kasih
    semoga bermanfaat

    Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *